Kabupaten Batu Bara Ingin Mereplikasi Pendataan Kemiskinan di Kulon Progo

Rabu, 11 Oktober 2017 08:41:28 - Oleh : idr

Drs.H. Sutedjo selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kulon Progo menyambut rombongan dari Kabupaten Batu Bara

Kendalikan Pelaksanaan Pembangunan, Bappeda Monitoring ke Lapangan

Inilah Pemenang KREANOVA 2018

FGD gelaran terakhir DRD Kulon Progo

FGD ARD Bidang Humaniora gelaran ke-3 DRD Kulon Progo

FGD Agenda Riset Daerah gelaran ke-2 DRD Kulon Progo

Pelaksanaan Pendataan Status Sosial Keluarga yang menghasilkan album kemiskinan Kabupaten Kulon Progo sudah mulai dilaksanakan semenjak tahun 2011. Album kemiskinan tersebut disahkan dengan keputusan Bupati Kulon Progo setiap tahunnya. Program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan dengan dasar data by name by address album kemiskinan tersebut.

Selama ini Kabupaten Batu Bara masih menggunakan data dari masing masing OPD untuk menjadi sasaran kegiatan dari APBD Kabupaten, sehingga sama sekali belum ada pengintegrasian data. Setelah Pemkab Batu Bara berkomunikasi dengan Badan Pusat Statistik Batu Bara, disarankan untuk melakukan studi referensi ke DIY. Yang menjadi tujuan adalah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman.

Rombongan dari Kabupaten Batu Bara dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Batu Bara Renold Asmara, AP, SH tiba di Pemkab Kulon Progo pada pukul 09.00 dan diterima oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H. Sutedjo selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Ruang Rapat Bappeda Kulon Progo (Selasa, 10/10).

Kepala Bappeda, Ir. Agus Langgeng Basuki selaku sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah menyampaikan paparan mengenai mekanisme pendataan status sosial keluarga yang sudah dilaksanakan semenjak tahun 2011 dan pada perjalanannya sudah dilakukan beberapa kali perubahan indikator untuk menyesuaikan dengan dinamika di masyarakat. Pelaksanaan pendataan dengan menempatkan Kader Penanggulangan Kemiskinan menjadi perhatian dari Ir. H. Riswan Simarmata, M.Ma., Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Batu Bara, karena dengan adanya pendamping di masing masing desa, data masyarakat penerima bantuan akan lebih akurat.

Dari hasil yang didapatkan di Kulon Progo, diharapkan Kabupaten Batu Bara dapat melakukan replikasi pendataan status sosial keluarga dan menjadikan hasilnya untuk jadi sasaran penerima manfaat kegiatan penanggulangan kemiskinan.

« Kembali | Kirim | Versi cetak