Studi Referensi Inovasi Perencanaan Pembangunan dari Dinas Pertanian Boyolali

Kamis, 7 Desember 2017 14:25:07 - Oleh : img

Saresehan Inisiasi Desa Mitra dan Koordinasi Pengabdian Masyarakat UMY

Studi Referensi Inovasi Perencanaan Pembangunan dari Dinas Pertanian Boyolali

Gorontalo belajar tentang Pelaksanaan Litbang Inovasi di Kulon Progo

Perkebunan Teh PT.Pagilaran, Lokasi Study Referensi DRD Di Penghujung 2017

Inovasi Desa Inklusi Kulon Progo menjadi Best Practice Pembangunan Manusia Inklusif

Inovasi perencanaan pembangunan dengan penerapan sistem informasi menarik perhatian Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali. Hal tersebut disampaikan Rudy Widiyatmoko,S. Sos., Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali dalam acara studi referensi yang bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Selasa (5/12). Lebih lanjut disampaikan, Kabupaten Boyolali sejak tahun 2016 telah memantapkan diri dengan visi Pro Investasi dengan arah kebijakan salah satunya adalah Penerapan Smart City. Untuk itu diperlukan studi referensi diantaranya pengembangan sistem informasi perencanaan yang telah dilakukan Kabupaten Kulon Progo.

Rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali diterima langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Ir. Agus Langgeng Basuki dengan didampingi Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Sri Wijayanti, S.Hut.,M.Si, Kasubbid Pengendalian Pembangunan Sutarman, S.STP.,M.Eng, dan Kasubbid Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pariwisata, Fajar Pramukti, S.E. Turut serta dalam menanggapi kunjungan, Kasubbag Perencanaan dan Program Sekretariat Dinas Pertanian dan Pangan, Siyamsidah, S.TP. Dalam paparannya disampaikan, Kabupaten Kulon Progo telah melakukan serangkaian inovasi berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan. Dimulai dari menetapkan indikator kinerja yang terukur, penyederhanaan sasaran, penyederhanaan indikator sasaran daerah, dan penyederhanaan jumlah program. Selain itu juga dikembangkan Sistem Informasi Perencanaan yang dikenal dengan RencanaKU yang dirilis pada tahun 2016. RencanaKU merupakan sebuah alat bantu elektronik penyusunan RKPD dan KUA PPAS Kabupaten Kulon Progo yang dimulai dari tahapan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD sampai dengan Musrenbang Kabupaten. Untuk meningkatkan akurasi data, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) sehingga menjamin konsistensi harga satuan barang dan jasa. Sistem informasi yang digunakan ini terbukti mampu memudahkan perencana di OPD dalam proses entri, misalnya dulu ketika menyusun RKA dilakukan secara manual, kemudian membuka dokumen SHBJ, kini proses entri bisa dilakukan di depan komputer atau menggunakan hp/tablet android untuk melakukan entri dan bisa dilakukan dimana saja asalkan terdapat koneksi internet.

Setelah paparan dari Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo dilanjutkan dengan tanya jawab seputar pelaksanaan pengembangan sistem informasi perencanaan, dan juga penatalaksanaan situs web Bappeda. Studi referensi juga merupakan ajang napak tilas Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali Rudy Widiyatmoko, S.Sos ke Kabupaten Kulon Progo karena sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan TI Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo pada periode 2011-2016.(img)

« Kembali | Kirim | Versi cetak