EBPM: The Paradigm Shift

Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas RI menyelenggarakan web seminar pada hari Jumat (26/1). Bappeda Kabupaten Kulon Progo mengikuti web seminar tersebut yang membahas mengenai Evidence-Based Policy Making (EBPM): The Paradigm Shift. Dimoderatori oleh Eko Wiji Purwanto, S.E., MPP., perwakilan dari Kementerian PPN/Bappenas RI, webinar ini menghadirkan 3 narasumber dari kalangan ASN dan juga akademisi.

Paparan materi yang pertama disampaikan oleh Randy R. Wrihatnolo tentang Evidence-Based Policy Making Disertai Implementasi dan Pengalaman Pelaksanaannya. Kemudian paparan berikutnya disampaikan oleh Farida Ayu Brilyanti mengenai The Effect of PIP Scholarship on The Entrance Rate of Senior High School Graduates into Higher Education. Sedangkan paparan yang terakhir disampaikan oleh Yuichiro Yoshida dari The IDEC Institute, Hiroshima University, mengenai Evidence-Based Policy Making: The Paradigm Shift.

Adapun 5 kunci penting dari roadmap EBPM yaitu treatment variable, outcome variable, unit of analysis, identification strategy, dan expected result. Paradigma ini diharapkan dapat menghasilkan kebijakan yang akurat karena berbasis bukti yang obyektif. Keberhasilan penerapan EBPM membutuhkan kemampuan analisis terhadap bukti-bukti tersebut.