Panen Serai Wangi dan Penyulingan Minyak Citronella

Pada hari Kamis (25/1) bertempat di Kalurahan Sidoharjo, Samigaluh, telah dilaksanakan panen Serai Wangi dan penyulingan minyak Citronella oleh kelompok Koperasi Produksi Amanah Lestari Mandiri. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM., Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iffah Mufidati, S.H., MM., serta perwakilan dari Bappeda maupun Dinas Pertanian dan Pangan.

Pengembangan serai wangi oleh Koperasi Produsen Amanah Lestari Mandiri yang didampingi Dinas Koperasi dan UKM melalui inovasi KESATRIAKU (Kemitraan Sereh Wangi Tersentra Koperasi dan UMKM Kulon Progo). Melalui pendampingan tersebut, produksi koperasi dapat berkembang dari yang awalnya 1 ton serai wangi hanya menjadi 6,5 kg minyak Citronella, sekarang dari 1 ton dapat menjadi 9 kg minyak Citronella.

Pengembangan serai wangi kedepannya diharapkan dapat meningkatan jumlah produksi bahan baku, pemanfaatan sisa hasil pengelolaan serai menjadi pakan ternak dan pemanfaatan sisa hasil penyulingan.