Kunjungan Magister Rancang Kota ITB ke Kulon Progo

Bertempat di Bale Agung Kompleks Pemkab Kulon Progo pada hari Kamis (13/02), Bappeda menerima kunjungan dari Magister Rancang Kota ITB dalam rangka audiensi terkait kegiatan perancangan kota pada kawasan Aerotropolis. Dalam acara tersebut, selain diikuti oleh rombongan Dosen dan mahasiswa S2 Rancang Kota ITB, turut hadir pula beberapa OPD di tingkat kabupaten antara lain Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup.

Audiensi ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi mahasiswa ITB untuk mengumpulkan data dan informasi untuk pelaksanaan Studio II dengan lokus penelitian di kawasan Aerotropolis YIA. Dalam kesempatan ini, Dr. Ing. Ir. Heru Wibowo Poerbo, M.URP. selaku Ketua Program Magister Rancang Kota menyampaikan bahwa melalui kegiatan Studio II ini mahasiswa akan membuat simulasi rencana pembangunan dan pengembangan kawasan Aerotropolis. Lokus utama penelitian adalah kawasan inti Aerotropolis yang terletak di sebelah utara kawasan Airport City dengan luas kurang lebih 80 Hektar.  Simulasi yang dibuat merujuk pada rencana – rencana pembangunan yang telah dan sedang dirumuskan baik oleh Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat antara lain draft RTR Kawasan Strategis Bandar Udara Internasional Kulon Progo dan Masterplan Aerotropolis. Selain itu disampaikan pula bahwa produk simulasi ini nantinya akan lebih detail dari Masterplan dengan dilengkapi kajian dan analisis kelayakan dari sisi ekonomi dan regulasi, dukungan infrastruktur serta dampak sosial yang mungkin ditimbulkan. Sebagai tambahan, produk simulasi ini nantinya juga akan dilengkapi dengan desain dalam perspektif tiga dimensional (3D).

Harapannya, produk simulasi rancang kota kawasan Aerotropolis ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam mewujudkan rencana pengembangan kawasan Aerotropolis.