Forum Sektoral Kewilayahan DIY Bidang Ekonomi

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Forum Sektoral Kewilayahan DIY di Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021 Bidang Ekonomi, Kamis (27/02) di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kulon Progo. Forum ini dipimpin oleh Kabid. Sosial Ekonomi Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Ir. R.M. Herismoyo.

Forum Sektoral Kewilayahan ini dihadiri oleh stakeholder dari Provinsi DIY dan Kabupaten Kulon Progo, yang diwakili oleh Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, DPMPT, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian dan Pangan, Sekretariat Daerah serta Dinas Perdagangan. Forum Sektoral Kewilayahan Bidang Ekonomi ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan kabupaten dengan tematik DIY tahun 2021, khususnya  dalam bidang Ekonomi.

Dalam forum ini beberapa hal yang dibahas diantaranya adalah respon terhadap tematik kemiskinan dan ketimpangan wilayah, respon isu strategis kewilayahan, dan usulan APBN non DAK. Beberapa tanggapan atas isu strategis kewilayahan diantaranya adalah terkait penggabungan asset Pelabuhan Tanjung Adikarto, pembinaan pengembangan produk unggulan ekspor impor, pemantauan penyaluran bagi KUMKM terdampak bandara dan KEK, pembangunan workshop bisnis manajemen, kegiatan pengelolaan atraksi wisata, dan lain-lain.