Koordinasi Kebijakan Input Pra RKA dan Usulan Pasca Musrenbang

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021, Bappeda Kulon Progo selaku sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kulon Progo mengadakan Koordinasi Kebijakan Input Pra RKA dan Usulan Pasca Musrenbang pada hari Jumat (17/04) di Ruang Rapat Kalibiru. Rapat dipimpin oleh Plt. Kepala Bappeda, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, M.M dan dihadiri Sekretaris Daerah beserta segenap anggota TAPD.

Pada koordinasi ini disampaikan bahwa terdapat penyesuaian prediksi pendapatan pada APBD Tahun 2020 terkait dampak COVID-19, diantaranya disebabkan oleh: prediksi kemampuan keuangan tahun 2021 pada saat Musrenbang belum mempertimbangkan kondisi tersebut; perlunya mempertimbangkan kondisi di tahun 2020 terhadap prediksi pendapatan pada tahun 2021; adanya sasaran kegiatan yang ditunda pada tahun 2020 yang perlu dialokasikan kembali di tahun 2021; dan perlunya penyesuaian pagu program kegiatan OPD sesuai dengan prediksi kemampuan keuangan yang update. Selain itu, terdapat penyesuaian tema RKPD tahun 2021 yang disesuaikan dengan tema RKP, yaitu “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dengan Memanfaatkan Peluang Proyek Strategis Nasional dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Daerah dan Masyarakat”.

Terkait juga dengan dampak COVID-19, maka Usulan di luar pagu dari OPD agar ditunda karena kemampuan keuangan mengalami defisit dan Pagu OPD akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang terbaru (Belanja Langsung berkurang 45%). Untuk agenda selanjutnya adalah Penyusunan Pra-RKA melalui aplikasi RencanaKu 2.0 dimulai pada 22 April 2020, aplikasi tersebut akan ditutup/dikunci untuk kelancaran pencermatan usulan oleh pengampu pada tanggal 26 April 2020 jam 15.30 WIB.