Kepala Bappeda Isi Kuliah Praktisi AMPD & AKPD

Pada hari Sabtu (9/5) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Kuliah Praktisi Akuntansi Manajemen Pemerintah Daerah (AMPD) dan Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah (AKPD)  dengan Pemateri Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Triyono S.IP., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKAD Kabupaten Kulon Progo. 

Kuliah dilakukan secara online diikuti dari tempat tinggal masing-masing, dengan jumlah peserta kurang lebih 260 orang, terdiri dari sebagian besar mahasiswa serta beberapa dosen UMY.  Acara dimulai pukul 08.45 WIB dengan moderator Dr. Suryo Pratolo, S.E., M.Si., Ak, CA. yang merupakan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset UMY. Pada kesempatan ini Triyono menyampaikan materi kuliah tentang proses penganggaran yang dilakukan di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian, yang didalamnya terdapat penyusunan plafon anggaran, penatausahaan dan akuntansi  serta ada evaluasi kinerja.  Disampaikan pula kendala dan permasalahan yang dihadapi di lapangan serta bagaimana solusinya maupun inovasi-inovasi yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas dalam pengelolaan keuangan di Kabupaten Kulon Progo.

Acara kuliah online ini selesai pukul 11.00 WIB dengan sebelumnya terdapat pula sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan pemateri.  Menurut informasi dari pihak UMY, acara kuliah praktisi secara online ini merupakan sebuah sejarah bagi UMY, karena baru pertama kali dilakukan.