FGD Sinergitas Badan Promosi Pariwisata DIY dan Kabupaten/Kota

Bertempat di Borobudur Ballroom Grand Inna Malioboro Hotel, hari Senin (12/4), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo menghadiri Focus Group Discussion (FGD) "Sinergitas Program Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY dan Badan Promosi  Pariwisata Kabupaten/Kota di DIY" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY.  Focus Group Discussion ini dihadiri juga oleh GKR Bendoro selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY dan Perwakilan  Badan Promosi Pariwisata dari masing-masing Kabupaten/Kota yang sudah membentuknya.

FGD diawali dengan pengantar dari Ike Janita Dewi selaku moderator yang menjelaskan mengenai latar belakang diadakannya FGD ini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Miyono selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa adanya pandemi ini sangat berdampak bagi sektor pariwisata, khususnya DIY. Oleh sebab itu, perlu adanya sinergitas dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk memajukan kembali sektor wisata di DIY. Untuk mendukung pemulihan di sektor pariwisata tersebut, dalam paparannya GKR Bendoro selaku ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY menyampaikan bahwa Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY akan segera mengadakan riset situasi wisata secara real yang ada saat ini guna mendapatkan peta wisata yang update. Nantinya untuk memajukan sektor pariwisata di DIY tidak hanya melalui pembuatan lokasi wisata baru, namun pengembangan dan perawatan lokasi wisata yang sudah dibentuk sebelumnya.

Pada akhir acara, masing-masing perwakilan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten membuat kesepakatan bersama untuk melakukan sinergitas promosi pariwisata untuk kemajuan pariwisata di DIY. Sebagai langkah awal, tim Badan Promosi Pariwisata Daerah per Kabupaten/Kota ini akan segera membuat program kerja untuk mendukung kegiatan promosi pariwisata dengan jangka waktu 3 tahun ke depan.