Bappeda Koordinasikan Persiapan Input Pra RKA Tahun 2022

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Input Pra RKA Tahun 2022, Senin (19/04) di Ruang Rapat Suroloyo. Koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda, Triyono, S.IP., M.Si dan dihadiri oleh jajaran Sekretaris, Kepala Bidang, dan Kepala Sub Bidang di Bappeda. Agenda pada koordinasi ini adalah pembahasan panduan verifikasi Pra RKA Usulan Program Kegiatan Tahun 2022 dan ketentuan penyusunan Pra RKA Tahun 2022.

Ada 2 (dua) tahap yang dilaksanakan dalam rangka menyempurnakan Rancangan Akhir RKPD. Yang pertama adalah verifikasi Pasca Musrenbang. Para pengampu bertugas melakukan verifikasi terhadap daftar usulan program kegiatan hasil musrenbang Kabupaten pada masing-masing OPD, yang meliputi indikator kinerja program, indikator kinerja kegiatan, indikator keluaran sub kegiatan, lokasi, target capaian kinerja, kebutuhan dana/pagu indikatif, sumber dana, catatan penting dan prakiraan maju. Hasil verifikasi usulan program kegiatan hasil musrenbang dituangkan dalam Berita Acara.

Yang kedua, adalah verifikasi Pra RKA pada RKPD. Para pengampu bertugas melakukan verifikasi Pra RKA, yang meliputi keterisian indikator kinerja : Keluaran, Hasil, Manfaat, Dampak, SDM, Kelompok Sasaran, Lokasi dan Kesesuaian rincian anggaran. Kesesuaian rincian anggaran didalamnya meliputi kesesuaian antara keluaran kegiatan dengan rincian belanja, kesesuaian dengan SHBJ, kesesuaian rekening belanja, kesesuaian rincian belanja dengan pagu musrenbang,dst.

Setelah tahapan verifikasi tersebut, maka para pengampu dengan dikoordinir Kepala Bidangnya melakukan pencermatan kembali hasil Pra RKA yang telah diinput. Koordinator pengampu memaparkan hasil pencermatan Pra RKA di hadapan TAPD dan Tim Teknis. Selanjutnya, TAPD dan Tim Teknis mencermati dan memberikan saran perbaikan terhadap paparan yang disampaikan oleh koordinator Pengampu. Setelah itu pengampu melakuka perbaikan/perubahan hasil finalisasi ke dalam SIPD.

Jadwal dalam rangka Penyusunan RKPD selanjutnya adalah Input Pra RKA oleh OPD direncanakan pada tanggal 26 April – 2 Mei 2021; Desk pengampu dengan OPD pada tanggal 3 – 7 Mei 2021; dilanjutkan pencermatan bersama antara TAPD dan tim teknis pada tanggal 17 – 21 Mei 2021; dan perbaikan Pra RKA pada 24 – 28 Mei 2021.