Verifikasi BKK Dana Keistimewaan Tahap I TA 2021

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Verifikasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan Tahap I Tahun Anggaran 2021 oleh Paniradya Keistimewaan DIY pada hari Senin (26/4) dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain Bappeda Kulon Progo dan Paniradya Kaistimewaan, acara ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah, Inspektorat Kabupaten Kulon Progo, BKAD, dan OPD Pelaksanana Dana Keistimewaan Tahun 2021. Terdapat 6 OPD Pelaksana Dana Keistimewaan Tahun 2021 di Kabupaten Kulon Progo, yaitu Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Kebudayaan, serta Dinas Pariwisata.

Verifikasi dilakukan oleh Tim verifikator dari Paniradya Kaistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap realisasi keuangan dan capaian fisik BKK Dana Keistimewaan Kabupaten Kulon Progo. Verifikasi diawali dengan sambutan dan arahan Paniradya Kaistimewaan yang diwakilkan oleh Nur Ikhwan Rahmanto S.Ant., M.URP. selaku Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Urusan Keistimewaan Paniradya Kaistimewaan DIY. Beliau menyampaikan bahwa untuk kegiatan-kegiatan yang bukan merupakan agenda yang harus terjadwal di bulan-bulan tertentu dapat dilaksanakan lebih awal agar tidak terjadi penumpukan kegiatan pada triwulan III dan IV. Selain itu, Nur Ikhwan Rahmanto S.Ant., M.URP. menyampaikan pemanfaatan aplikasi “KENES” (Kendali Kaistimewaan) agar lebih dimaksimalkan lagi penggunaannya.

Selanjutnya yaitu sambutan dan arahan dari Sekretraris Daerah yang pada acara ini diwakili oleh Asda II (Asistem Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo) Ir. Bambang Tri Budi Harsono, M.M. dan sekaligus membuka secara resmi acara verifikasi BKK Dana Keistimewaan Tahap I Tahun 2021. Pada kesempatan kali ini, Asda II menyampaikan bahwa diperlukan koordinasi yang lebih solid antara OPD Pelaksana Dana Keistimewaan, Bappeda Kulon Progo, dan TAPD agar dalam perencanaan maupun pelaksanaan Dana Keistimewaan dapat berjalan lebih baik lagi.

Paparan capaian BKK Dana Keistimewaan Tahap I Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Kulon Progo disampaikan oleh Triyono, S.IP., M.Si. selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo.

Pelaksanaan verifikasi dilakukan secara terpisah untuk masing-masing urusan dengan rincian:

  1. Urusan Kelembagaan di Ruang Transit Aula Adikarto Gedung Kaca;
  2. Urusan Kebudayaan di Aula Adikarto Gedung Kaca;
  3. Urusan Tata Ruang di Ruang Rapat Nglinggo Bappeda Kabupaten Kulon Progo;
  4. Urusan Pertanahan di Ruang Rapat Trisik BKPP Kabupaten Kulon Progo.

Realisasi Keuangan dan Capaian Fisik BKK Dana Keistimewaan Tahap I TA 2021 sudah mencapai lebih dari 80% sehingga dapat dilakukan verifikasi untuk melanjutkan ke Tahap II TA 2021. Verifikasi ditutup dengan acara penandatanganan Berita Acara Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Atas Laporan Pencapaian Keluaran (Output) Terhadap Penyelenggaran Program dan Kegiatan Keistimewaan Tahap I BKK Dana Keistimewaan Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2021 untuk masing-masing urusan keistimewaan.