Rakor Pembentukan Tim TKPKD

Sesuai dengan Permendagri Nomor 53 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten/Kota, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo, menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka Pembahasan SK Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Kulon Progo pada hari Kamis (1/7) di Ruang Rapat Suroloyo.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah, dan sejumlah pejabat struktural terkait.

Dalam acara tersebut, dibahas mengenai pembaharuan struktur SK TKPKD yang lebih efisien dan efektif dari SK sebelumnya agar lebih mudah untuk digerakkan berdasarkan amanat Permendagri Nomor 3 tahun 2020. Selain itu, aturan kelembagaan seharusnya tidak hanya 'matang' dalam konsep namun juga dalam implementasinya terhadap masyarakat termasuk koordinasi dengan kapanewon hingga tingkat kalurahan. Pada perencanaannya, Kabupaten kulon progo akan melakukan pilot project di 5 kalurahan paling miskin untuk diintervensi dengan segera. 5 kalurahan pilot project tersebut harus dapat dievaluasi untuk membuktikan keberhasilan intervensi penanggulangan kemiskinan. Harapannya dengan SK baru tersebut, menjadi upaya awal bagi Kabupaten Kulon Progo untuk menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah di tahun tahun berikutnya.