Rakor Tim TKPKD, Siapkan Upaya Tangani Kemiskinan

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo, menyelenggarakan rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) pada Kamis (8/7). Rapat tersebut merupakan rapat lanjutan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ir. MR Astungkoro, M. Hum., Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Dinas Sosial Kabupaten Kulon Progo serta pihak terkait lainnya.

Musyawarah tersebut diselenggarakan guna menindaklanjuti amanat Permendagri Nomor 53 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten/Kota. Sebagai langkah awal, akan disusun dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD), Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Rapid Application Development (RAD). Perencanaan akan disusun zonasi kemiskinan sesuai tingkat kemiskinan masing- masing daerah, sampai dengan tingkat kalurahan. Kemudian untuk mengurangi kemiskinan yang masih tinggi, akan diberi program- program yang nantinya akan dievaluasi.

Pemerintah berharap dengan disusunnya draft SK TKPKD yang baru hingga ke tingkat kelurahan, pemerintah Kabupaten Kulon Progo mampu menekan laju angka kemiskinan semaksimal mungkin. Sehingga angka kemiskinan akan kembali menurun dari tahun ke tahun.