Bappeda Turut Serta Visitasi ke Pemerintah Kalurahan

Pada hari Kamis (23/9), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo mendampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk KB) serta OPD terkait melaksanakan visitasi dan verifikasi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah kalurahan di Desa Salamrejo Kecamatan Sentolo dan Desa Karangsari Kecamatan Pengasih Kulon Progo.

Beberapa indikator penilaian yaitu yang pertama Manajemen Umum Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang terdiri dari Penataan Organisasi Pemerintah Desa, Penataan Kelembagaan di Desa, Penataan Administrasi Desa, Penataan Aparatur Pemerintah Desa serta Penataan Produk Hukum Desa. Di samping itu, yang menjadi fokus peran Bappeda dalam visitasi tersebut yakni berkenaan dengan Tata Kelola Perencanaan Pembangunan Desa yang terdiri dari Penataan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa), Penataan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa), dan Anggaran Pendapatan & Belanja Desa (APBDes). Selain itu juga dilakukan juga monitoring terhadap  Penataan Pelaksanaan Musyawarah Desa dan juga Penataan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa.

Tujuannya selain untuk pengamatan lapangan dan evaluasi, visitasi juga dimanfaatkan sebagai sarana wawancara maupun FGD (Focus Group Discussion) terkait kinerja perangkat desa dan pendalaman informasi serta koordinasi hal- hal khusus yang berkaitan dengan pengalokasian dana keistimewaan, pelaksanaan badan usaha milik desa dan potensi desa terkait.