Paparan Masterplan Desa Budaya Jatimulyo

Bertempat di Ruang Rapat Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, pada hari Senin (4/10), Bappeda Kabupaten Kulon Progo menghadiri paparan tentang  "Masterplan Desa Mandiri Budaya Jatimulyo" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY secara daring melalui Zoom.  Kegiatan ini dibuka dan dimoderatori oleh Ellya Shari, S.ST.Par., MM selaku Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pariwisata Dinas Pariwisata DIY. Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan rencana tentang Masterplan Desa Mandiri Budaya Jatimulyo kemudian ditanggapi oleh peserta yang hadir baik secara luring maupun daring.

Masterplan Desa Mandiri Budaya adalah rencana induk yang bersifat komprehensif dari aspek Kebudayaan, Kepariwisataan, Koperasi dan UMKM, Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kebencanaan dan Iklim, Kemaritiman untuk mengembangkan sebuah kawasan agar mensejahterakan masyarakat. Dalam paparan ini, disampaikan beberapa hal terkait rencana pengembangan yang telah direncanakan secara runtut dimulai dari penjelasan mengenai profil wilayah Jatimulyo, pemetaan potensi yang ada dan analisis pengembangan yang mungkin dapat dilakukan dan target pengembangannya.

Pengembangan Desa Budaya Mandiri Desa Jatimulyo yang akan dilakukan  ini tidak terlepas dari keterlibatan masyarakat. Dari sebab itulah masyarakat harus dipersiapkan sedemikan rupa untuk dapat menjalankan pengembangan Desa Mandiri secara berkelanjutan.