Penerapan Hijauan Pakan Ternak (HPT)

Bertempat di Aula Gapoktan Tri Manunggal Pagerharjo Samigaluh pada Sabtu (09/10), Bappeda Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Diseminasi Litbang Terpilih : Penerapan Hijauan Pakan Ternak (HPT) di Gapoktan Tri Manunggal dengan Narasumber/Pakar Dr. Ir. Bambang Suwignyo, S.Pt, MP, IPM, ASEAN Eng., Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Kepala Bidang Peternakan, Ketua Gapoktan Tri Manunggal, BUMDES Pagerharjo, PJ Lurah Kalurahan Pagerharjo, serta Penyuluh BPP Samigaluh.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan dalam sambutannya menyampaikan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin agar teknologi Hijauan Pakan Ternak (HPT) dan manajemen pakan ternak, khususnya bagi para peternak di daerah Pagerharjo, efektif dan efisien. Masyarakat dihimbau untuk memanfaatkan fasilitas secara maksimal, baik itu dari bantuan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang sumber dananya berasal dari APBD/BKK dan DAK. Memanfaatkan gedung pertemuan/aula Gapoktan Tri Manunggal semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.  

Dr. Ir. Bambang Suwignyo, S.Pt, MP, IPM, ASEAN Eng. menyampaikan beberapa poin materi  yaitu Pengenalan gizi pakan ternak, Alternatif Hijauan Pakan Ternak, Gulma Alfalfa yang memiliki protein tinggi, Manajemen pengelolaan milking untuk kambing PE susu perah dan breeding (pembibitan), dan Sumber pakan alternatif bagi ternak. Pembahasan mengenai alternatif Hijauan Pakan Ternak yang mudah dibudidayakan, dengan protein yang tinggi tanpa harus diolah, cukup dengan dicacah kemudian dibuat silase (pemeraman) dalam kurun waktu tertentu.   

Ketua Gapoktan berharap agar ada pertemuan/pelatihan lebih lanjut mengenai pengelolaan pakan ternak. Karena kesehatan dan kualitas ternak berawal dari pakan ternak itu sendiri. Kemudian diharapkan adanya bantuan dari Pemkab berupa bibit kambing PE jantan yang berkualitas untuk mendapatkan keturunan kambing yang kualitasnya bagus dan merata. Jika nantinya jumlah kambing meningkat, maka perlu adanya alat pengolahan pakan ternak yang berskala besar.