FGD Masterplan Desa Mandiri Budaya Pagerharjo

Pada hari Kamis (14/10), bertempat di Ruang Rapat Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Bappeda Kulon Progo menghadiri Focus Group Discussion (FGD)  dengan tema "Penyusunan Masterplan Desa Mandiri Budaya Pagerharjo" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY secara daring melalui Zoom.  Kegiatan ini dibuka dan dimoderatori oleh Ellya Shari, S.ST.Par., MM selaku Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pariwisata Dinas Pariwisata DIY. Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan rencana tentang Masterplan Desa Mandiri Budaya Pagerharjo kemudian ditanggapi oleh peserta yang hadir baik secara luring maupun daring.

Kalurahan Pagerharjo merupakan salah satu kalurahan di wilayah Kapanewon Samigaluh yang memiliki beragam potensi wisata, budaya, pertanian, perkebunan dan industri UMKM yang tengah giat dikembangkan oleh  berbagai elemen masyarakat dan pemerintah. Pembangunan dan pengembangan potensi Kalurahan Pagerharjo yang sangat dinamis ini memerlukan koordinasi berbagai pihak dan arahan yang dapat diacu oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah sehingga dapat bergerak secara sinergis. Berlatar belakang hal tersebut, dirasakan perlu adanya sebuah perencanaan induk (masterplan) pengembangan potensi Desa/Kalurahan Mandiri Budaya yang bersifat komprehensif meliputi berbagai aspek dan melibatkan berbagai pihak terkait. Dengan adanya masterplan ini, nantinya diharapkan pengembangan yang akan dilakukan sesuai dengan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan daya dukung lingkungan yang ada di Pagerharjo.

Penyusunan masterplan ini rencananya akan dilaksanakan selama 90 hari (3 bulan) dan dokumen yang dihasilkan nantinya akan memuat beberapa hal yakni : Profil umum dan Khusus Pagerharjo, Visioning dan targeting, zonasi pengembangan yang akan dilakukan dan rencana aktivitas pemgembangan Desa Mandiri Budaya hingga periode 2025. Dalam laporan ini nantinya juga akan dilampirkan peta dan ilustrasi 3D kawasan pengembangan.