Sosialisasi Kegiatan Festival Pacak Sepuran

Bertempat di Pendopo Resto Omah Beji Wates, pada hari Kamis (4/11), Bappeda Kabupaten Kulon Progo menghadiri Sosialisasi Kegiatan Festival Pacak Sepuran. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Hadir pula dalam kegiatan sosialisasi ini, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo, Perwakilan Seniman dari Forum Seni Rupa Kulon Progo serta perwakilan dari Kapanewon dan Kalurahan.

Kegiatan Festival Pacak Sepuran merupakan salah satu dari 7 kegiatan kolaboratif bidang pariwisata. Festival Pacak Sepuran ini dilatarbelakangi adanya penilaian bahwa di kanan kiri rel kereta api di wilayah Kulon Progo yang belum tertata secara optimal, sehingga dalam kegiatan Festival Pacak Sepuran ini nantinya dari masing-masing Kalurahan  yang berada di sekitar rel akan menata ulang dan memoles area tersebut sehingga akan tampak lebih indah.

Selain itu kegiatann ini juga dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang rel kereta api dari dan menuju Bandara YIA di wilayah Kabupaten Kulon Proogo untuk menata kawasan tersebut sehingga terlihat menjadi lebih bersih, indah dan menarik yang di kemas dalam format lomba/ festival. Dalam kegiatan ini, masing-masing desa akan didampingi oleh perwakilan Seniman dari Forum Seni Rupa Kulon Progo.

Kegiatan Festival Pacak Sepuran ini rencananya akan dikuti oleh 15 kalurahan di Kulon Progo yang wilayahnya dilintasi rel kereta api. Dari 15 Kalurahan tersebut nantinya akan dipilih 6 Kalurahan sebagai pemenang. Proses penilaian akan dilakukan dengan 2 cara, pertama tim penilai datang langsung ke titik lokasi dan kedua dari dalam Kereta Api yang melintas. Pemerintah berharap setelah penilaian Pacak Sepuran ini dilaksanakan, masyarakat tetap dapat menjaga keindahan lokasi tersebut agar menjadi ciri khas di wilayah sekitar rel kereta api di Kulon Progo.