Pembahasan Baseline Survey dan FRC-FebLab

Pada Jumat (12/11), Bappeda Kabupaten Kulon Progo bersama Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Koperasi dan UKM, sertaDinas Perdagangan dan Perindustrian menghadiri pertemuan dengan perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Vokasi UGM dalam rangka membahas Baseline survey dan Feblab management dari pembangunan Field Research Center (FRC) Vokasi UGM di Kulon Progo.

Pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut membahas lebih lanjut terkait identifikasi pemangku kepentingan dan desain manajemen FRC-FebLab. Pada pelaksanaan kedepannya terdapat empat tahap dalam pembentukan manajemen FRC-FebLab yang akan direcanakan mulai bulan Desember 2021 hingga Oktober 2023. Tahap pertama yang direncanakan adalah melakukan survei kebutuhan untuk mengidentifikasi pemangku kepentingan yang potensial, lalu dilanjutkan dengan membangun platform kolaborasi antar pemangku kepentingan, pembuatan roadmap, dan pembentukan sistem menejemen yang susai dengan FRC-FebLeb di Kulon Progo.

FRC-FebLab kedepannya diharapkan memiliki fungsi dalam mendukung pembelajaran febrikasi digital serta mendukung pemecahan masalah sosial dan UMKM. Pada pelaksanaan lebih lanjut, FRC-FebLab akan menjadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa UGM serta pelajar SD-SMP yang berada pada lingkungan FRC-FebLab. Selain itu masyarakat umum khususnya UMKM diharapkan ikut memanfaatkan fasilitas yang disediakan FRC-FebLab.